Sabtu, 29 Januari 2011

Manfaat Daun Pandan dan Perbedaannya Dengan Daun Suji

      Kali ini saya ingin memposting tentang daun pandan, manfaatnya, dan bedanya dengan daun suji.. Daun pandan ini terkenal sebagai rempah dan wewangian untuk makanan karena aroma yang dihasilkannya. Daun pandan pun banyak manfaatnya, apalagi untuk makanan. Apa saja manfaatnya? Silahkan dibaca di bawah ini..

Manfaat Daun Pandan :
      Selain sebagai rempah dan pemberi aroma makanan, ternyata daun pandan ini memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Daun ini berhasiat sebagai tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang. Daun pandan berkhasiat untuk mengatasi : kurang nafsu makan, lemah syaraf, reumatik, pegal, sakit disertai gelisah, rambut rontok, ketombe, dan menghitamkan rambut. Pandan wangi digunakan pula sebagai bahan baku minyak wangi dan aromatherapy. Dapat pula mengharumkan pakaian di lemari dengan cara diletakkan di antara pakaian dalam lemari.

Daun Pandan vs Daun Suji
Sekilas kedua daun memang hampir mirip dari segi fungsi maupun tampilannya. Lalu apa bedanya?
-  Daun Pandan
       Daunnya hijau muda mengkilap, panjang seperti pita dan tulang daun di tengah. Tepinya bergerigi tajam pada daun yang tua. Fungsi utamanya sebagai pemberi aroma tanpa efek warna yang kuat. Sebenarnya daun pandan juga bisa memberikan warna hijau dengan cara menumbuk dan memeras airnya, tapi efek warna tidak sekuat daun suji. Warna netral dan efek rasa yang lembut dan wangi tidak merusak cita rasa bahan utamanya. Sehingga banyak digunakan untuk aroma pada hidangan.
       Untuk pengharum kue atau masakan, pilihlah daun pandan yang tidak terlalu tua atau muda. Potong kasar atau sobek-sobek daun pandan agar aromanya lebih kuat dibanding jika dibiarkan utuh. Aroma pandan mudah menguap, jadi untuk menjaga agar masakan tetap beraroma, maka penambahan daun pandan ke dalam rebusan masakan atau adonan kue dilakukan sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian.
-  Daun Suji
       Daun suji merupakan tanaman perdu yang tingginya bisa samapai 8 meter. Bentuk daunnya memanjang dan tersusun melingkar. Tanaman ini sesekali berbunga. Sekilas bentuk daun mirip daun pandan, berwarna hijau tua, bentuknya runcing polos tanpa tulang tengah. Fungsi utamanya sebagai pewarna pada masakan.
       Walaupun tidak seharum daun pandan, tapi daun suji merupakan pewarna hijau alami pada masakan. Cara menggunakannya dengan menumbuk halus, lalu diperas. Air dari daun suji ini yang dipakai untuk mewarnai masakan.
       Daun suji bisa juga digunakan sebagai pemberi aroma masakan, walaupun aromanya tidak seharum daun pandan. Untuk memunculkan aroma dan warna yang kuat, daun suji sering dicampur dengan daun pandan agar masakan maupun minuman yang dihasilkan lebih harum.

*dikutip dari tabloid Koki edisi 187 oktober 2010

Semoga bermanfaat ^^

2 komentar:

  1. Oh ternyata beda ya daun suji dengan daun pandan!

    ane baru tahu, ane sering bikin kue pakai daun pandan! sebab kue menjadi wangi dan menarik di lihat.

    BalasHapus
  2. Baru tau sekarang daun suji

    BalasHapus